Jurna Refleksi Minggu 14

 Pendidikan Calon Guru Penggerak Minggu 14

 

RENCANA PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL


Periode 21-27 November 2021

 

Dimulai proses aksi pembelajaran social emosional. Dalam tugas demonstrasi kontekstual, kami diminta untuk membuat satu rencana pembelajaran yang di dalamnya terdapat pembelajaran social emosional. Pada pembuatan RPP ini saya membuat RPP dengan materi listrik statis, sesuai dengan pembelajaran saat itu yang memang sedang membahas tentang listrik statis. Berikut RPP yang saya buat:


Dari RPP yang saya buat ini, kemudian saya mencoba untuk memasukan pembelajaran social emosional dalam setiap kegiatan, baik di pembukaan, kegiatan inti, maupun kegiatan penutup, seperti berikut:

Alhamdulillah… dari pembuatan RPP ini saya akhirnya baru mengetahui jika kebiasaan yang saya lakukan dalam pembelajaran ternyata sudah termasuk ke dalam pembelajaran social emosional, mudah-mudahan saya bisa lebih memperbaiki dan memperluas pembelajaran social emosional ini.

Pembelajaran modul berlanjut pada tahap elaborasi pada tanggal 24 November 2021 pada jam 15.30, yang pada kesempatan ini didampingi oleh intruktur Ibu Kartika Yulianti, Ph.D. Seperti biasa pula, dari waktu yang disepakati, pelaksanaan jauh terlewati, hahaha… karena diskusi asyik dengan instruktur-instruktur yang keren. Di akhir sesi, Ibu Kartika meminta semua peserta untuk membuat surat pada orang terdekat melalui padlet. Disini emosional peserta terkuras.. banyak yang menangis ketika Ibu Kartika dengan sangat apik melatih social sekaligus emosinal peserta, ahh… sungguh pengalaman yang sangat indah, bisa berdiskusi dan semuanya menguras emosional kita.

Menjelang akhir modul pembelajaran 2.2 tentang Pembelajarana Sosial Emosional ini kami diminta untuk membuat koneksi antar materi dan aksi nyata berupa video praktek pembelajaran social emosional.

Dalam koneksi antar materi saya membuat infografis yang berisi sintesis berbagai materi yang menggambarkan kaitan antar materi dalam modul dan modul-modul sebelumnya. Dalam koneksi antar materi ini saya menyimpulkan bahwa visi misi CGP sesuai dengan nilai dan peran yang ingin dicapai yaitu membangun profil pelajar Pancasila melalui budaya positif dalam ekosistem sekolah yang memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid hingga tercapai merdeka belajar sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman dalam filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara dan praktek pebelajaran yang berhamba pada anak melalui pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial emosional ( PSE ). Visi Guru Penggerak sesuai dengan nilai dan peran yang ingin dicapai yaitu mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui budaya positif dan ekosistem sekolah yang dapat memenuhi kebutuhan belajar murid sesuai dengan filosofi pendidikan Indonesia yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak melalui pembelajaran diferensiasi dan  sosial emosional (PSE).

Sedangkan dalam aksi nyata, kami diminta untuk membuat sebuah video yang menggambarkan proses pembelajaran yang kami lakukan dan memuat pembelajran berdiferensiasi dan pembelajaran social emosional yang di tutup dengan refleksi dari kami tentang pelaksanaan pembelajaran yang kami lakukan.

Alhamdulillah…

Comments

Popular Posts