Jurna Refleksi Minggu 14
Pendidikan Calon Guru Penggerak Minggu 14
RENCANA
PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL
Periode 21-27 November
2021
Dimulai proses aksi pembelajaran social emosional. Dalam tugas demonstrasi kontekstual, kami diminta untuk membuat satu rencana pembelajaran yang di dalamnya terdapat pembelajaran social emosional. Pada pembuatan RPP ini saya membuat RPP dengan materi listrik statis, sesuai dengan pembelajaran saat itu yang memang sedang membahas tentang listrik statis. Berikut RPP yang saya buat:
Dari RPP yang saya buat ini, kemudian saya mencoba untuk memasukan pembelajaran social emosional dalam setiap kegiatan, baik di pembukaan, kegiatan inti, maupun kegiatan penutup, seperti berikut:
Alhamdulillah…
dari pembuatan RPP ini saya akhirnya baru mengetahui jika kebiasaan yang saya
lakukan dalam pembelajaran ternyata sudah termasuk ke dalam pembelajaran social
emosional, mudah-mudahan saya bisa lebih memperbaiki dan memperluas
pembelajaran social emosional ini.
Pembelajaran
modul berlanjut pada tahap elaborasi pada tanggal 24 November 2021 pada jam
15.30, yang pada kesempatan ini didampingi oleh intruktur Ibu Kartika Yulianti,
Ph.D. Seperti biasa pula, dari waktu yang disepakati, pelaksanaan jauh
terlewati, hahaha… karena diskusi asyik dengan instruktur-instruktur yang
keren. Di akhir sesi, Ibu Kartika meminta semua peserta untuk membuat surat
pada orang terdekat melalui padlet. Disini emosional peserta terkuras.. banyak
yang menangis ketika Ibu Kartika dengan sangat apik melatih social sekaligus emosinal
peserta, ahh… sungguh pengalaman yang sangat indah, bisa berdiskusi dan
semuanya menguras emosional kita.
Menjelang
akhir modul pembelajaran 2.2 tentang Pembelajarana Sosial Emosional ini kami
diminta untuk membuat koneksi antar materi dan aksi nyata berupa video praktek pembelajaran
social emosional.
Dalam
koneksi antar materi saya membuat infografis yang berisi sintesis berbagai
materi yang menggambarkan kaitan antar materi dalam modul dan modul-modul
sebelumnya. Dalam koneksi antar materi ini saya menyimpulkan bahwa visi misi CGP
sesuai dengan nilai dan peran yang ingin dicapai yaitu membangun profil pelajar
Pancasila melalui budaya positif dalam ekosistem sekolah yang memenuhi
kebutuhan belajar individu setiap murid hingga tercapai merdeka belajar sesuai
dengan kodrat alam dan kodrat zaman dalam filosofi pendidikan Ki Hajar
Dewantara dan praktek pebelajaran yang berhamba pada anak melalui pembelajaran
berdiferensiasi dan pembelajaran sosial emosional ( PSE ). Visi Guru Penggerak
sesuai dengan nilai dan peran yang ingin dicapai yaitu mewujudkan Profil
Pelajar Pancasila melalui budaya positif dan ekosistem sekolah yang dapat
memenuhi kebutuhan belajar murid sesuai dengan filosofi pendidikan Indonesia yaitu menuntun segala kekuatan kodrat
yang ada pada anak melalui pembelajaran diferensiasi dan sosial
emosional (PSE).
Sedangkan dalam aksi nyata, kami diminta untuk
membuat sebuah video yang menggambarkan proses pembelajaran yang kami lakukan
dan memuat pembelajran berdiferensiasi dan pembelajaran social emosional yang
di tutup dengan refleksi dari kami tentang pelaksanaan pembelajaran yang kami
lakukan.
Alhamdulillah…
Comments
Post a Comment