Jurnal Refleksi Pekan 1

 Buat Jurnal Di Pelosok Garut


Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 3

 

Santolo beach, 21 Agustus 2021

Ditemani deburan ombak yang sudah lamaaa tak pernah ku dengar lagi.

 


 

Akhirnya… dimulai juga..

Setelah melalui rangkaian tes yang lumayan membuat berbagai rasa, tanggal 7 Agustus Lokakarya Perdana bagi Calon Guru Penggerak dimulai, dilanjutkan dengan pembukaan Pendidikan Calon Guru Penggerak angkatan ke 3 dibuka oleh Mas Mentri pada tanggal 12 Agustus.

Yess…. Dimulailah rangkaian pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 3 ini. Tidak pernah terbayang sebelumnya, ternyata proses pendidikannya sangat padat. Minggu pertama dimulai dengan Pembukaan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Subang pada tanggal 5 Agustus 2021dengan Zoom meet, dilanjutkan dengan bimtek cara pengisisan LMS yang diadakan oleh P4TK TK dan PLB pada tanggal 6 Agustus, dan pada tanggal 7 Agustus Lokakarya Perdana dimulai. 

Sejak itu setiap hari selalu ada kegiatan yang harus dikerjakan. Kaget… ya… bersamaan di sekolah tugas sebagai Wakasek Kurikulum  mempersiapkan PTM yang akan dimulai 16 Agustus 2021. Prokes siswa, pembagian jadwal guru, sosialisasi pada orang tua, dan mempersiapkan ANBK yang akan dilaksanakan tanggal 23 Agustus, dari penyiapan DNS, memonitor kesiapan sarana dan prasarana, latihan dan penyiapan siswa peserta ANBK/AKM, karena mereka baru mulai datang ke sekolah, dan baru pertama memegang komputer di laboratorium sekolah. Maklumlah, selama pandemic sejak tahun kemarin, mereka belum merasakan belajar di sekolah, baru mulai masuk, sudah diberi tugas untuk mengikuti ANBK?AKM, hehe… reuwas kalua kata orang Sunda mah!. Nah…. Mantap kan.. ditambah dengan tugas-tugas mengisi LMS yang tidak sedikit dan membutuhkan kerutan-kerutan di dahi karena harus berfikir keras, hehe..

Balik ke kegiatan Guru Penggerak. Hem… meski terasa ada beban, tapi ternyata, perlahan mulai saya sadari, banyak hal baru di dapat. Meski baru sepekan, kemampuan IT menggunakan jamboard, padlet, google meet dan pengisian LMS secara manual, dipaksa oleh keadaan, sedikit-sedikit mulai kupahami. Bahan-bahan bacaan dan tayangan video yang cukup membuat saya merasa… “kemana saja selama  ini?” Konsep-konsep pendidikan yang saya pahami terasa dangkal, saya belum memegang filosofi pendidikan yang saya geluti selama ini dengan pemahaman seperti sekarang. Banyak hal-hal baru saya dapat. Bukan hanya teman-teman yang ternyata asyik ya… tetapi juga pembelajaran tentang banyak hal yang mungkin saya tidak akan dapatkan jika saya tidak mengikuti kegiatan pelatihan Guru Penggerak ini.

Terima kasih semuanya… atas warna baru dalam perjalanan hidup saya. Meski terkadang merasa lelah, tetapi bahwa akan banyak yang akan saya dapatkan di depan, dan itu harus dengan memaksakan diri karena ketika saya mendapatkan sesuatu, maka saya akan bisa memberikan sesuatu, dan itu yang akan bisa menambah amal sholeh bagi kehidupan akhirat saya kelak. Dengan dukungan dari semuanya… InsyaAllah..BISA!!!

Comments

Popular Posts