NGOBROL SERU BARENG PAK DEDI DWITAGAMA

Pertemuan Kesebelas Belajar Menulis Gelombang 12


Pertemuan Kesebelas Belajar Menulis Gelombang 12

Hari Rabu, 24 Juni 2020

Pemateri : Dedi Dwitagama

Disusun Oleh : Dian Sariati, M.Pd.


Pertemuan kesebelas kali ini Om Jay mengadirkan seorang blogger, youtuber, sekaligus fotografer. Beliau adalah Pak Dedi Dwitagama. Lebih lengkapnya beliau adalah  seorang pendidik, trainer, nara sumber dan motivator bidang Pendidikan, Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, HIV/AIDS, Kepemimpinan, Berbicara dimuka Umum, Teknologi Informasi, Menulis Kreatif/Creative Writing, Pendidikan Karakter dan Komunikasi/TIK. Waaah.... belum ditambah prestasi dan pengalaman organisasi beliau yang sangat panjang di akun blog beliau, : http://dedidwitagama.wordpress.com/about.

Pertemuan dimulai dengan penjelasan tentang blog dari Pak Dedi. Menurut beliau blog adalah catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh siapapun. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Pak Dedi memulai membuat blog pertamanya di blogspot tahun 2005 yang masih tayang hingga saat ini. Kemudian di tahun 2007 beliau pindah menggunakan wordpress, dan blog beliau sudah dilihat hampir dua juta kali dengan jumlah pengunjung hampir mencapai 600.000 orang. Waah.. luar biasa ya!. Bagi beliau, blog bermanfaat untuk mendokumentasikan seluruh kegiatan beliau, perjalanan, ide-ide, keresahan, dan segala isi perasaan yang bisa atau tidak disampaikan via lisan, istilah beliau blog itu seperti keranjang yang dititipkan di dunia maya, he, jaditeringat kantung Doraemon yang bisa memuat dan menyimpan segala rupa😆.

Pertemuan dilanjutkan dengan tanya jawab dari seluruh peserta, banyak pertanyaan dari teman teman dan semua dijawab tuntas oleh Pak Dedi.

Dalam sesi ini muncul banyak informasi-informasi menarik dan saya anggap penting untuk saya rangkum :

  1. Menulis dapat dilakukan kapan saja saat ide muncul.
  2. Mengusahakan sering menulis, karena dengan begitu secara otomatis pengalaman menulis ini akan meningkatkan mutu tulisan.
  3. Berkunjung ke blog teman untuk mencari perbandingan, dan jangan lupa membalas komentar pembaca blog kita, ini akan meningkatkan motivasi menulis kita sehingga menjadi happy.
  4. Tentang masalah waktu. Beliau menyebutkan bahwa waktu itu milik kita, kita yang mengendalikan waktu.


Beberapa tips yang Pak Dedi berikan:

  • Tips membuat resume menjadi buku: menempatkan diri kita sebagai pembaca buku yang kita tulis, mengamati apakah tulisan kita menarik atau tidak dan menjawabnya secara jujur.  ... minta tolong teman atau keluarga untuk menilai ... perbaiki kekurangannya, lalu segera terbitkan .... karena kalo diulang-ulang pasti selalu ada yg kurang

  • Tips supaya blog kita banyak pengunjung adalah sering megunjungi blog orang lain, memberi komentar dan membalas komentar di blog kita
  • Tips agar convidence di depan audiance: mempersiapkan materi yang diminta penyelenggara, kemudian paparkan materi yang kita kuasai, menyiapkan slide, yang juga dilengkapi dengan foto dan video pendukung, berlatih dahulu di depan kaca atau teman dan keluarga, serta jangan pernah menolak jika diminta presentasi, hehe..

Andai tidak dibatasi waktu, maka pertanyaan akan terus mengalir tanpa henti dari peserta pelatihan, hehe.. Di akhir pertemuan Pak Dedi memberikan kesimpulan:
  1. Khoirunnas Anfauhum Linnas, manusia terbaik adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Peribahasa gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama. Keduanya bisa diaplikasikan melalui media blog yang bisa kita kelola melalui HP.
  2. Menulis di blog itu mendokumentasikan apa saja yang terlintas dalam pikiran kita, dan hasilnya bisa kita nikmati, meskipun bukan hanya secara materi ya..😀

Alhamdulillah...



Dian Sariati, M.Pd.
SMPN 1 Cibogo, Subang Jawa Barat
Email : dian.sariati72@gmail.com
Blog : DianSariati.blogspot.com
FB: Dian Sariati
IG : dian sariati


Comments

Post a Comment

Popular Posts